• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Memahami Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah Agraria

    Galigo TV
    05 Maret 2021, 15.21 WIB Last Updated 2023-12-03T14:50:42Z
    masukkan script iklan disini

    Foto: Ilustrasi masyarakat petani penggarap di pedesaan. (Berdikarionline.com/Galigo.tv Repro)


    Galigo.tv - Sepanjang perjalanan sejarah umat manusia, tanah sering menjadi penyebab terjadinya konflik baik antarindividu maupun golongan terutama karena berbeda persepsi dan kepentingan. Kenyataan seperti ini, berlaku sejak kehidupan manusia masa purba, masa kolonial dan bahkan hingga era modern sekarang. 


    Diprediksi bahwa pada kehidupan masa mendatang, pun akan lahir konflik-konflik agraria (sengketa agraria) dengan motif yang berkisar pada dua problem mendasar yakni perbedaan persepsi dan kepentingan atas suatu tanah.


    Kompleksitas masalah agraria yang berhubungan dengan bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, hukum, dan berbagai dimensi kehidupan manusia lainnya, menyebabkan topik ini selalu mengundang perhatian banyak pihak untuk menelaahnya.


    Lingkup kajian mata kuliah Sejarah Agraria meliputi pengertian dan ruang kingkup, sistem kepemilikan dan pengelolaan tanah, bagi hasil, konflik agraria, kondisi agraria masa kolonial Belanda, masa pendudukan Jepang, masa orde lama, dan masa orde baru, serta orde reformasi. Kajian sejarah atas problematika agraria ini akan menghamparkan suatu dinamika kehidupan sosial ekonomi yang menarik.


    Selengkapnya.....

    Ayo nonton videonya >>>>> DI SINI

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +