• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Arti Kata 'Pedia'

    Galigo TV
    14 Januari 2023, 09.39 WIB Last Updated 2023-12-03T22:06:23Z
    masukkan script iklan disini

    Ilustrasi. (Dok. Profau.com)
     

    Wikipedia atau Ensiklopedia adalah nama (dan atau istilah) yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat pembaca, khususnya pencari informasi dan pengetahuan secara online di internet. Bahkan belakangan ini, kaum pembaca juga kemudian terakrabkan oleh situs-situs penyedia pengetahuan yang menggunakan kata “pedia” sebagai penyambung nama domainnya. Lalu apa arti “pedia” itu dan dari bahasa apa?.


    Dalam Wiktionary disebutkan bahwa “pedia” adalah sebuah suffix (akhiran) yang berhubungan dengan belajar. Sementara itu, dalam Quora disebutkan bahwa akhiran -pedia atau seperti dieja dalam bahasa Inggris British -pedia, tidak berasal dari bahasa Latin. Kata pedia berasal dari bahasa Yunani Kuno “paidia” yang berarti pendidikan, khususnya pendidikan anak-anak. Mungkin hal yang paling khas dari anak-anak di Yunani Kuno adalah pekerjaan (dan kesibukan) mereka dengan pendidikan.



    Istilah “wiki” menurut Dictionary, diperkenakan ke leksikon oleh seorang programmer komputer bernama Ward Cunningham (1995), saat ia membuat perangkat lunak koaboratif yang diberi nama wikiwikiweb. Wiki adalah bahasa Hawaii yang berati “terburu-buru; cepat”. Sebagai kata benda, wiki berarti situs web yang memungkinkan siapa saja menambahkan, menghapus, atau merevisi konten dengan menggunakan browser web. Istilah wiki juga digunakan sebagai kata kerja; jika Anda wiki, Anda sedang meneliti suatu topik di suatu wiki atau berkontribusi untuk suatu wiki.


     Referensi:

    en.m.dictionary.org, -pedia.

    - quora.com, What does the word pedia mean?.

    - dictionary.com, “wikiLeaks” vs. “Wikipedia”: Do You Know The Difference?.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +