• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Akar Ilalang Ampuh Sembuhkan Penyakit Ginjal dan Jenis Penyakit Lainnya

    Galigo TV
    06 Maret 2023, 22.28 WIB Last Updated 2023-12-03T13:03:20Z
    masukkan script iklan disini

    Tumbuhan jenis Ilalang yang akarnya berkhasiat menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit lainnya. (Net/Repro Galigo.tv)


    Galigo.tv - Alang-alang atau biasa disebut ilalang merupakan jenis tumbuhan liar yang banyak dijumpai di mana-mana terutama pada kampung-kampung. Bahkan tumbuhan ini juga hidup di lahan-lahan kosong daerah pinggiran kota, sehingga menemukan tumbuhan jenis ini tentu tidak sulit. 

    Masalahnya adalah apakah semua orang tahu bahwa tumbuhan liar yang sering dianggap sangat mengganggu di kebun ini dan lalu dibuat punah dengan menggunakan racun rumput ini memiliki khasiat yang luar biasa?.

    Masyarakat Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan dan juga tentu di daerah lain, sejak dahulu telah menjadikan tumbuhan dengan nama latin Impercata Cylindrical ini sebagai obat yang memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Masyarakat tradisional tempo dulu memanfaatkan ilalang sebagai obat untuk menurunkan panas badan dan peluruh kencing (diuretika).

    Seperti yang dikutip dari Caracantiq.com alang-alang mengandung glukosa, citric acid, malic acid, dan juga terdapat senyawa kimia, di antaranya cylindrin, fermenol, coixol, simiarenol, arundion, dan anemonin. Tumbuhan ini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti:

    Penyakit Ginjal Akut

    Untuk mengobati penyakit ginjal akut, buatlah sejenis ramuan dengan mempersiapkan bahan berupa 100 – 125 gram akar ilalang yang masih segar. Bersihkan akar alang-alang, potong kecil-kecil dan cuci hingga bersih. Rebus potongan akar alang-alang tersebut dengan 3 gelas air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring dan biarkan dingin. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari dua kali setiap pagi dan sore, sampai penyakit ginjal akut sembuh.

    Mengobati Kencing Nanah

    Untuk mengobati penyakit kencing nanah, siapkan sekira 300 gram akar alang-alang yang segar, kemudian silahkan dicuci sampai bersih dan potong kecil-kecil. Lalu rebus potongan akar tadi dengan 2 liter air dan biarkan hingga airnya tersisa 1 liter. Setelah itu, campurkan gula batu secukupnya, aduk hingga rata. Minumlah tiga kali sehari secara teratur selama kurang lebih 10 hari. 

    Mengatasi Muntah Darah

    Untuk mengobati muntah darah, siapkan kurang lebih 50 gram akar segar, bersihkan akar dari kulit arinya, cuci bersih dan potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan 3 gelas air dan biarkan rebusannya hingga airnya tinggal tersisa 1 gelas. Minum secara teratur dua kali dalam sehari, sampai penyakit muntah darah hilang.

    Obat Mimisan

    Untuk mengobati mimisan, siapkan segenggam akar alang-alang segar, cuci bersih, lalu tumbuk peras dan ambil airnya kurang lebih 100 cc dan anda dapat langsung meminumnya.

    Seperti itulah beberapa khasiat akar alang-alang dan cara menyiapkan obatnya. Semoga dapat memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan dibagikan ke sanak keluarga atau teman anda, semoga membawa kebaikan atau pahala bagi mereka yang membutuhkan informasi ini.(gt/int)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +