• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Asal Usul Orang Selayar

    Galigo TV
    20 Februari 2021, 16.34 WIB Last Updated 2023-12-03T14:58:07Z
    masukkan script iklan disini



    Ilustrasi Orang Selayar tempo dulu. (Dok. Kitlv/Galigo.tv Repro)


    Galigo.tv - Siapakah orang Selayar itu dan dari mana asal usulnya? Adalah sebuah pertanyaan historis yang telah menjadi kepenasaranan serta keingintahuan banyak pihak yang menarik dibahas. Betapa tidak, dari aspek kebahasaan banyak pandangan menganggap masyarakat penghuni Pulau Selayar itu, merupakan sub-etnis Makassar antara lain karena bahasanya dianggap mirip dengan Bahasa Makassar. Bahkan bahasa Selayar kerap dianggap sebagai bahasa Makassar dialek Konjo. 



    Di balik itu semua, ditilik dari aspek budayanya, masyarakat Selayar juga dianggap identik serta berkultur Luwu (Palopo) dan bahkan dalam banyak hal dianggap berbudaya Buton (keduanya khusus pada komunitas tertentu di Kepulauan Selayar). 


    Lalu siapa sebenarnya orang Selayar itu? Sebuah video persembahan Galigo TV menarik dijadikan sebagai bahan permenungan bersama dalam rangka menemukenali siapa itu orang Selayar.


    Sejarah panjang Selayar telah mengonstruksi aneka produk budaya sebagai buah dari proses interaksi antarsuku bangsa, menjadi suatu pemicu rumitnya melerai kesatupaduan sistem sosial yang telah terpola sedemikian rupa pada masyarakat penghuni kepulauan ini.


    Selengkapnya.......

    Ayo nonton videonya >>>> DI SINI

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +