• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Arti Kata 'Elite'

    Galigo TV
    14 Januari 2023, 12.51 WIB Last Updated 2023-12-03T21:24:22Z
    masukkan script iklan disini

    Ilustrasi kaum elite dalam masyarakat. (Marketeers.com)
     

    Arti elite menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah: (1) orang-orang terbaik atau pilihan dalam suatau kelompok; (2) kelompok orang-orang kecil terpandang atau berderajat tinggi (kaum bangsawan, cendekiawan, dan sebagainya).

     

    Dalam Dictionary.com elite diartikan: (1) pilihan atau yang terbaik dari apa pun yang dipertimbangkan secara kolektif, sebagai kelompok atau kelas teratas; (2) orang-orang dari kelas tertinggi; (3) sekelompok orang yang menjalankan bagian utama dari otoritas atau pengaruh dalam kelompok yang lebih besar; dan (5) mewakili paling banyak pilihan atau pilih (terbaik).  

     

    Sosiolog dan Ekonom Vilfredo Pareto (1848-1923) menyebut dalam masyarakat terdapat dua lapisan yakni lapisan bawah (nonelite) dan lapisan atas (elite). Kaum elite atau biasa disebut aristokrat, terbadi dua lagi yakni elite yang berkuasa dan elite yang tidak berkuasa. Menurut penulis buku "The Mind and Society" (1916), eksistensi elite akan mengalami transformasi dalam perjalanan sejarahnya dan hanya akan bertahan dalam waktu tertentu saja. Selanjutnya, akan digantikan oleh aristokrat baru yang berasal dari kalangan bawah.**   

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +