• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Pemberontakan Petani Banten 1888 (Ulasan Materi Kuliah Sejarah Sosial Ekonomi)

    Galigo TV
    31 Maret 2021, 12.21 WIB Last Updated 2023-12-03T14:45:25Z
    masukkan script iklan disini

    Ilustrasi kelompok petani melakukan pemberontakan di Banten. (Penasantri.id/Galigo.tv Repro)


    Galigo.tv - Pemberontakan Petani Banten 1888 merupakan materi kuliah Sejarah Sosial Ekonomi yang diajarkan pada Program Studi Sejarah dan program studi lainnya di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Materi ini berhubungkait dengan petani dan problematika sosial ekonomi yang kemudian mewujud gerakan protes sosial. 



    Salah seorang dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar, Ahmadin mengulas materi ini dengan mengacu pada sumber utama yakni buku karya Sartono Kartodirjo berjudul "Pemberontakan Petani Banten 1888" dan sumber bacaan penunjang lainnya. Ulasan ini dimulai dari faktor-faktor pemicu dan beberapa kondisi situasional yang melatari munculnya gerakan protes sosial (pemberontakan), lalu dilanjutkan dengan pembahasan tentang jalannya pergerakan sosial, dan diakhiri dengan proses penumpasan pemberontakan.


    Selain itu, juga diulas tentang beberapa kontribusi penting karya Sartono Kartodirjo ini terhadap pengembangan historiografi di Indonesia, khususnya mengenalkan satu model atau pendekatan kajian yang memberi porsi peran bagi kaum tani sebagai penggerak perubahan dalam sejarah Indonesia.


    Selengkapnya........

    Nonton videonya DI SINI   

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +