• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Sejarah Masjid Tua Katangka Kabupaten Gowa

    Galigo TV
    04 Februari 2022, 07.56 WIB Last Updated 2023-12-03T14:23:12Z
    masukkan script iklan disini
    Masjid Tua Katangka di Jalan Syekh Yusuf Kecamatan Somba Opu, Kota Makassar. (Dokpri/Ayumi Intan Fauziah)


    Galigo.tv, Gowa - Masjid tua Katangka atau masjid Al Hilal merupakan salah satu jejak sejarah siar Islam di Sulawesi Selatan yang berlokasi di Jalan Syekh Yusuf Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Masjid ini didirikan oleh raja Gowa ke-14 I Mangerangi Daeng Manrabbia Sulatan Alauddin Tumenanga Ri Gaukanna yang memeluk ajaran Islam pada 1603.


    Wajah masjid yang disaksikan pada hari ini merupakan hasil renovasi dari waktu ke waktu, di mana sebelumnya ia merupakan bangunan berbahan kayu Katangka. Dari cerita yang berkembang, itulah sebabnya masjid ini dinamakan Masjid Katangka. 


    Masjid bersejarah berukuran 12 x 12 meter ini, dalam banyak sumber disebutkan telah mengalami perubahan bentuk pertama kali sejak raja Gowa ke-30 Maulana Sultan Abdul Rauf pada 1800 dan kemudian pada 1980 kembali mengalami perubahan oleh renovasi yang dilakukan oleh gubernur Sulawesi Selatan.


    Meski mengalami renovasi, beberapa bagian dari masjid tua Katangka masih merupakan bentuk asli yang merupakan representasi zamannya sekaligus saksi sejarah siar Islam di Sulawesi Selatan.


    Selengkapnya.......

    Nonton videonya DI SINI 

    #Kontributor: Ayumi Intan Fauziah





    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +