• Jelajahi

    Copyright © Galigo TV
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Historic

    Batti'-batti' Selayar dan Sejarah Asal Mula Musik Gambus

    Galigo TV
    28 Februari 2021, 17.32 WIB Last Updated 2023-12-03T14:52:51Z
    masukkan script iklan disini
    Kesenian Tradisional Batti'-batti' Selayar. Lokasi pementasan Kampung Kadempak Desa Kohala Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar. (Video Sudirman/Screenshot/Galigo.tv)


    Galigo.tv - Batti'-batti' merupakan kesenian tradisional masyarakat Selayar dengan alat musik gambus mengiringi alunan lagu-lagu berbahasa Selayar. Lagu ini dilantunkan oleh sepasang laki-laki dan perempuan dengan saling bersahutan seperti berbalas pantun. Adapun tema lagunya bervariasi seperti: cinta, humor, nasihat atau pesan moral, dan lainnya.


    Istilah Batti'-batti' berasal dari kata ambatti' yang berarti memetik. Meski belum diketahui kapan persisnya, musik gambus sendiri dikenalkan oleh orang-orang Melayu kepada masyarakat Selayar.


    Batti'-Batti' digelar oleh masyarakat sebagai rangkaian acara atau hajatan tertentu, antara lain pada saat pesta perkawinan. Layaknya sebuah konser akbar, pagelaran kesenian tradisional masyarakat Tana Doang ini ditonton banyak orang. Tidak hanya dalam kampung tapi berasal dari kampung sekitar.


    Dahulu orang rela berjalan kaki berkilo-kilo jaraknya, hanya untuk menonton pagelaran Batti'-Batti' ini. Masa konsernya biasanya dimulai pukul 21.00 atau pukul 2200 hingga dini hari bahkan menjelang subuh. Semakin larut malam maka penampilan para pengambus semakin atraktif dan lagu-lagunya juga kian seru sehingga menarik ditonton.


    Selengkapnya......

    Ayo nonton videonya >>>>> DI SINI


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +